Ferick Adesagi
52417321
4IA15
Rangkuman
Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis
Benturan Dengan Kepentingan Masyarakat
Bisnis mempunyai tanggungjawab terhadap masyarakat dan lingkungannya. Tanggungjawab terhadap limbah yang dihasilkan, yang akan mencemari lingkungan. Tanggungjkawab terhadap masyarakat, konsumen, investor, dll. Karena banyak pihak yang berkepentingan, maka sebuah bisnis harus memikirkan kemungkinan-kemungkinan masalah yang muncul dari pihak eksternal, bisa lsm atau masyarakat setempat. Untuk menghindari benturan-benturan yang tidak diharapkan, pelaku bisnis diharapkan bisa menyiapkan bisnisnya dengan baik.
Dorongan Tanggung Jawab Sosial
Sebuah bisnis pasti akan bertanggung jawab Bisnis terhadap konsumen, investor dan karyawannya.Tanggungjawab terhadap masyarakat yaitu bagaimana limbah yang dihasilkan oleh sebuah bisnis tidak menjadi pouusi bagi masyarakat, bagaimana bisnis bisa merangkul masyarakat setempat terkait, tenaga kerja.
Etika Bisnis
Etika yang dimaksud adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan masyarakat.Semua mencakup bagaimana menjalankan sebuah bisnis sesuai dengan hukum yang berlaku. Menurut Von der Embse dan R.A.
Wagley dalam artikelnya Advance Management Journal (1988), ada tiga pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu :
- Utilatarian Approach
- Individual Right Approach
- Justice Approach
Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh. Haruslah diyakini bahwa pada dasarnya praktek etika bisnis akan selalu menguntungkan perusahaan baik untuk jangka menengah maupun angka panjang, karena mampu mengurangi biaya akibat dicegahnya kemungkinan terjadinya friksi, baik intern perusahaan maupun dengan eksternal.
Untuk memudahkan penerapan etika perusahaan dalam kegiatan sehari-hari maka nilai-nilai yang terkandung dalam etika bisnis harus dituangkan kedalam manajemen korporasi yakni dengan cara:
- Menuangkan etika bisnis dalam suatu kode etik (code ofconduct).
- Memperkuat sistem pengawasan.
- Menyelenggarakan pelatihan(training) untuk karyawan secara terus menerus.
Bentuk-bentuk tanggung jawab sosial suatu bisnis
Penjabaran dari kepedulian sosial suatu bisnis berbentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial bisnis. Beberapa bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial yang dapat kita temui di Indonesia adalah:
- Pelaksanaan Hubungan Industrialis Pancasila (HIP)
- Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
- Penerapan Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
- Perkebunan Inti Rakyat (PIR)
- Sistem Bapak Angkat – Anak Angkat
Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan
tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.Menurut Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979), ada tiga fungsi utama dari suatu bisnis, yaitu:
- Acquiring Raw Material, yaitu untuk mencari bahan mentah
- Manufacturing Raw Materials Into Product, yaitu mengubah bahan mentah menjadi barang jadi.
- Distributing Product to Consumers, yaitu untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.
- Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
- Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
- Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
- Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
- Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
- Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
- Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.
Sumber : BUKU PENGANTAR BISNIS Fix
Komentar
Posting Komentar