ANALISIS PERUSAHAAN GRAB
Ferick Adesagi
52417321
4IA15
Sejarah Terbentuknya Grab
Berawal dari sekelompok teman yang sedang menikmati teh di 2012 dan mengeluhkan sulitnya mendapatkan taksi, Grab 'lahir' sebagai transportasi online.
Grab bertransformasi dengan membuat sesuatu yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih luas, tujuannya adalah menjadikan Asia Tenggara menjadi tempat yang lebih baik. Berikut merupakan perjalanan Grab dari tahun 2012 hingga kini:
- 2012 -- pertama launching GrabTaxi pada bulan Juni
- 2013 -- memasuki Filipina pada Juli 2013 dan Singapura pada Oktober 2013
- 2014 -- memasuki Vietnam pada Februari 2014, Indonesia pada Juni 2014, launching pertama Grab Car pada Juli 2014 dan launching GrabBike pada November 2014
- 2015 -- launcing pertama GrabExpress dan GrabHitch
- 2016 -- launching regional GrabPay, launching pertama GrabFood, launching pertama Grab for Business, GrabPay Credits dan GrabShare
- 2017 -- launching pertama GrabCoach, GrabShuttle, JustGrab, memasuki Myanmar, Kudo acquired, launching pertama GrabNow, P2P Fund Transfer pertama, launching GrabReward, memasuki Kamboja
- 2018 -- akuisisi Uber di SEA, launching GrabVentures, launching GrabPlatform, GrabFresh dan GrabWheel
Profil Grab
Didirikan : Juni 2012
Pendiri : Anthony Tan, Tan Hooi Ling
Kantor Pusat : Singapura
Cabang : Asia Tenggara (Kecuali Brunei dan Laos)
Visi
Visi Grab adalah "Menjadi yang terdepan di Asia Tenggara" dengan memecahkan permasalahan transportasi yang ada serta memberikan kemudahan mobilitas pada 620 juta orang di Asia Tenggara setiap harinya.
Misi
1. Membuat platform transportasi yang paling aman.
2. Membuat semua orang dapat mengakses pelayanan transportadi yang baik.
3. Meningkatkan taraf hidup mitra Grab.
Produk yang ditawarkan Grab
- GrabTaxi
- GrabCar
- GrabBike
- GrabExpress
- GrabFood
- GrabFresh
- Video Streaming
Strategi Marketing Grab
Dalam menjalankan sebuah bisnis diperlukan strategi marketing yang baik dan tepat. Terutama dengan perkembangan teknologi sekarang yang semua aktivitas bisa dilakukan secara online. Sehingga memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan jasa secara online.
Berikut adalah beberapa stratgei marketing yang dilakukan oleh Grab:
- Mengutamakan konsumen
- Tarif jelas dan sesuai
- Fokus pada evaluasi
- Peka terhadap Kebutuhan Pasar
- Terus mengembangkan layanan
Target Bisnis
Dalam target ini Grab Memilih daerah dimana banyak destinasi yang ingin di kunjungi masyarakat atau membeli berbagai produk makanan dari restoran yang kebanyakan masyarakat tidak ingin repot keluar rumah. Target sasaran pengguna Grab yaitu masyarakat menegah ke atas, Grab berbeda dengan ojek biasa karena ojek biasa lebih ditujukan bagi masyarakat menengah kebawah. Ojek biasa hanya menawarkan jasa transportasi dan tidak menawarkan jasa untuk membelikan produk makanan dari restoran tertentu. Grab juga menawarkan jasa lainnya seperti jasa membersihkan rumah ataupun jasa pengiriman barang sehingga dapat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu jasa yang ditawarkan oleh Grab dirasa dapat di nikmati atau dipakai untuk semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, karyawan, dan masyarakat biasa.
Sumber:
- https://www.dream.co.id/dinar/sejarah-grab-dari-tahun-2012-hingga-jadi-decacorn-1902284.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Grab_(perusahaan)
- https://www.dream.co.id/dinar/8-layanan-unggulan-grab-sebagai-startup-decacorn-1903065.html
- https://wahyublahe.id/strategi-marketing-grab/
Komentar
Posting Komentar